Yulia Putri Nugraheni

Jumat, 16 Maret 2012

Pantai Bajul Mati, Pesona Tersembunyi dari Malang

Pantai Bajul Mati mungkin belum terlalu dikenal oleh wisatawan. Namun pantai yang berada di sebelah selatan Kota Malang ini memberikan pemandangan yang cantik. Apalagi jika dibalut dengan cahaya senja, keindahannya menjadi semakin sempurna.

Menuju pantai ini menghabiskan waktu sekitar 2-3 jam dari Kota Malang dengan jarak tempuh sekitar 60 km menuju arah selatan. Perjalanan ke kawasan pantai akan disuguhi pemandangan perbukitan dan hutan, terutama setelah keluar dari perkotaan Malang.

Pantai Bajul Mati berlokasi dekat dengan Pasar Ikan Sendang Biru, tepatnya di Kecamatan Gedangan. Memasuki kawasan pantai, Anda diharuskan membayar biaya retribusi sebesar Rp 4.000 per orang.

Ketika memasuki kawasan pantai, pasir putih yang masih bersih akan menyambut Anda. Pantai ini masih sepi akan pengunjung. Hanya ada beberapa toko yang menjual makanan kecil di sekitar pantai. Jika berkunjung pada hari tertentu, para pengunjung bisa menikmati upacara adat, yaitu Grebeg Kopat.

Ombak di sini sangat besar dan memiliki struktur pantai yang curam dan dalam. Oleh sebab itu, kawasan pantai ini tidak cocok untuk aktifitas berenang maupun menyelam. Akan tetapi, ada satuspot
 yang bisa digunakan untuk mandi, yaitu di sebelah barat, yang cukup aman untuk dijadikan tempat bermain air.

Pantai Bajul Mati memang memberikan pemandangan yang sangat luar biasa. Selain air laut yang biru beserta ombak besar yang saling berkejaran, di tengah-tengah lautan terdapat semacam bukit dari dalam laut. Keberadaannya itu menjadikan wajah pantai ini semakin cantik dan sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar