Yulia Putri Nugraheni

Jumat, 13 April 2012

 Belitung Timur (Beltim) memang kaya akan sejuta pesona wisata baharinya. Di sini wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan laut yang indah, lembutnya pasir putih sambil merasakan hangatnya sinar matahari. 

Pantai-pantai di Beltim selain menawarkan keindahan alami, juga mampu memberikan ketenangan kepada siapapun yang datang.
 

Selain sekadar bersantai, wisatawan dapat melakukan aktivitas bahari di pantai-pantai Belitung Timur seperti memancing, berenang, dan mengunjungi pulau-pulau kecilnya. Salah satu pantai yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke sini adalah Pantai Punai. Pantai ini terletak paling ujung di Selatan Pulau Belitung atau sekitar 18 km dari Kecamatan Dendang.

Pantai Punai dapat ditempuh selama 1,5 jam perjalanan dari Bandara H. AS Hanandjoeddin atau Pelabuhan di Tanjung Pandan. Ketika sampai di Pantai Punai wisatawan langsung bisa melihat pemandangan berupa pasir putih dihiasi susunan bebatuan granit dan deretan pohon kelapa di sepanjang pesisirnya.

Karakter ombak di pantai ini cukup tenang dengan warna gradasi laut biru kehijauan sehingga sangat cocok untuk memancing, berenang, dan
 snorkeling. Di depan pantai ini ada pulau kecil bernama Pulau Punai. Jika air laut sedang surut wisatawan bisa berjalan kaki ke pulau yang dulu menjadi tempat transit Burung Punai.

Selain Pantai Punai, terdapat juga Pantai Nyiur Melambai yang tak kalah indahnya. Pantai ini memiliki garis pantai yang memanjang dihiasi dengan deretan pohon kelapa dan cemara. Pantai ini berada di Kecamatan Manggar atau sekitar 90 Km dari Tanjung Pandan, Belitung. Di sini wisatawan bisa benar-benar bersantai atau melakukan aktivitas seperti memancing, berenang, dan olahraga air lainnya.

Tak hanya itu di Belitung Timur juga terdapat Pantai Bukit Batu. Sesuai namanya, di pantai ini wisatawan disuguhkan pemandangan berupa perbukitan dan bebatuan granit yang besar di sepanjang pantainya. Para pengunjung yang ingin bersantai sambil memandangi laut dapat duduk-duduk di bawah pohon atau di dalam kafe.

Bagi Anda pengagum bawah laut, Pulau Memperak bisa menjadi pilihan tepat untuk
 diving atausnorkeling. Selain itu bagi para penggemar watersport bisa mengunjungi Bandoeng River di Kecamatan Manggar. Daerah ini merupakan tempat satu-satunya di Beltim yang memiliki fasilitaswatersport modern, seperti jet ski, banana boat, water ski, speed boat, dan sebagainya. 

Penerbangan ke Belitung (Tanjung Pandan) dari Jakarta hanya dua kali dalam sehari. Untuk berwisata bahari di Beltim, wisatawan lebih baik menyewa mobil karena angkutan umum dalam sehari hanya lewat 2 kali. Atau bisa menggunakan paket wisata yang ditawarkan oleh biro perjalanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar